6285870414038 iatmism.ftm@upnyk.ac.id

Apa itu Petroleum System?


Petroleum System adalah suatu sistem yang menerangkan mengenai unsur dan proses yang harus ada untuk mengetahui adanya hidrokarbon di bawah permukaan.

Komponen-komponen penting dalam Petroleum System, yaitu:
1. Maturation
Maturasi atau pematangan adalah proses perubahan secara biologi, fisika, dan kimia dari kerogen menjadi minyak dan gas bumi. Proses maturasi diakibatkan kenaikan suhu di dalam permukaan bumi.
2. Source Rock
Kelompok batuan shale atau carbonate berwarna hitam hingga coklat yang memiliki kadar organik (kerogen) tinggi dan mampu menghasilkan minyak dan gas bumi.
3. Migration
Migrasi adalah proses perpindahan fluida hidrokarbon dari batuan sumber (source rock) menuju reservoir. Proses migrasi dibagi menjadi tiga, yaitu:
1) Primer : Proses perpindahan hidrokarbon dari source rock ke batuan reservoir lapisan penyalur (carrier bed).
2) Sekunder : Proses perpindahan hidrokarbon dari lapisan penyalur (carrier bed) ke tempat akumulasi migas.
3) Tersier : Proses perpindahan hidrokarbon dari tempat akumulasi migas ke lapisan batuan yang berada di atasnya.
4. Reservoir Rock
Unit batuan yang memiliki kemampuan menyimpan dan melepaskan minyak bumi sebagai tempat terakumulasinya hidrokarbon dan air di bawah permukaan tanah. Batuan reservoir biasanya berupa batu pasir dan batuan karbonat.

5. Cap Rock
Unit batuan di atas reservoir rock yang memiliki permeabilitas sangat rendah dan mampu menghalangi hidrokarbon (minyak dan gas bumi) agar tidak bermigrasi ke permukaan. Cap Rock yang paling umum adalah shale.
6. Trap
Trap adalah suatu kondisi alam yang menjebak migas sehingga migas tidak dapat bergerak dan terakumulasi di dalam reservoir rock. Trap memiliki tiga jenis, yaitu:
a. Perangkap Struktur : terjadi karena perubahan bentuk (deformasi) dari batuan seperti lipatan atau patahan. Trap yang berbentuk bulat dinamakan dome.
b. Perangkap Stratigrafi : terbentuk dari perubahan jenis batuan atau pinch-out, unconformity/ketidakselarasan, atau fitur sedimen lainnya seperti reef/karang atau buildups.
c. Perangkap Kombinasi : Kombinasi antara struktural dan stratigrafi yang merupakan faktor bersama dalam membatasi gerak atau menjebak minyak bumi.

Keterangan:
Perangkap struktur/antiklin (A)
Perangkap struktur/patahan (B)
Perangkap struktur/antiklin (C)
Perangkap stratigrafi/pinchout (D)
Perangkap kombinasi/unconformity dan lipatan (E)

7. Timing/Burial History
Waktu pengisian minyak dan gas bumi pada sebuah perangkap merupakan hal yang sangat penting. Apabila perangkap belum terbentuk sebelum migrasi, hidrokarbon akan terus bergerak menuju permukaan.

Sumber:
https://www.slb.com/-/media/files/oilfield-review/basic-petroleum
https://duniaperminyakan.files.wordpress.com/2016/04/petroleum-system-of-indonesia.pdf

Petroleum System / Sistem Minyak dan Gas Bumi

http://ensiklopediseismik.blogspot.com/2008/11/petroleum-system-sistem-minyak-dan-gas.html
http://petroleum-learning.blogspot.com/2015/12/pengertian-petroleum-system-petroleum.html