6285870414038 iatmism.ftm@upnyk.ac.id

[ Harga minyak dunia turun, bagaimana dampaknya? ]

Dalam beberapa minggu terakhir harga minyak dunia mengalami penurunan yang cukup signifikan. Salah satu penyebab fluktuasi atau penurunan harga minyak ini tidak lain disebabkan oleh perang harga minyak antara Arab Saudi dan Russia. Harga minyak mentah turun secara drastis selama akhir pekan antara 4 Maret dan 9 Maret. Brent Crude, yang menjadi patokan internasional, jatuh dari $51,13 ke $34,36 per barel, turun sekitar 32,8 persen. Sedangkan untuk U.S. West Texas Intermediate (WTI Crude), ukuran standar harga minyak AS, jatuh dari $46,78 pada 4 Maret $31,13 pada tanggal 9 Maret, turun sebesar 33,5 persen.

Dengan terjadinya penurunan harga minyak dunia ini akan membawa dampak yang cukup besar bagi pihak pihak tertentu, terutama bagi industri migas. Perusahaan dapat mengalami kebangkrutan dan para pekerja bisa saja mengalami risiko PHK. Selain itu, anjloknya harga minyak dunia berpotensi menyebabkan resesi ekonomi. Sebab, turunnya harga minyak membuat harga komoditas seperti sawit dan batu bara ikut turun. Hal itu lantaran harga minyak sering menjadi acuan harga komoditas ekspor unggulan. Selain itu, turunnya harga minyak dipastikan membuat Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari migas akan menurun. Apalagi, harga minyak saat ini dibawah asumsi APBN. Menurut Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati harga minyak yang rendah bisa berdampak buruk terhadap proyek hulu migas. Kegiatan hulu migas bisa tak ekonomis jika harga minyak terus turun.

Di sisi lain, rendahnya harga minyak bisa membawa dampak positif, seperti turunnya harga BBM nonsubsidi seperti pertamax, dex, akan diturunkan harganya. Masyarakat pun dapat menikmati harga minyak yang murah. Saat ini kita belum melihat penurunan harga BBM karena BBM yang saat ini adalah BBM yang dibeli 2 bulan yang lalu dengan harga saat itu.  Selain itu, turunnya harga minyak bisa dimanfaatkan dengan menambah impor minyak mentah.

 

Sumber:

https://katadata.co.id/berita/2020/03/10/dampak-anjloknya-harga-minyak-dunia-terhadap-ekonomi-dan-migas-ri

https://www.hoover.org/research/drop-oil-prices-good-or-bad

https://www.portonews.com/2020/keuangan-dan-portfolio/perdagangan-dan-jasa/perang-dagang-rusia-saudi-sebabkan-anjloknya-harga-minyak-dunia/

 

Disusun Oleh:

Dinar Arbi (Kepala Divisi RnD)

Yoga Rahmad (Wakil Kepala Divisi Rnd)

Risky Syarif (Anggota Divisi Rnd)

Nabila Hasna (Anggota Divisi Rnd)

Irfan Taufik (Anggota Divisi Rnd)

Reynaldi Mulyawan (Anggota Divisi Rnd)

Abila Tsabitna (Anggota Divisi Rnd)

Lutfi Abel (Kepala Divisi MCD)

Irfan Fadhilah (Wakil Kepala Divisi MCD)

Deny Saputro (Kepala Divisi PR)

Umi Kalsum (Wakil Kepala Divisi PR)